LANGUAGE DAY 2023

Jenjang KB/TK, SD, SMP Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang memperingati hari Bulan Bahasa tahun 2023, dengan menyelenggarakan kegiatan pada tema dan tujuan yang berbeda-beda. Dalam rangka perwujudan dari kegemaran membaca yang sangat tinggi.

Siswa dan wali kelas berfoto bersama dengan kostum dan karakter tokoh favorit dalam cerita dongeng

Pada tanggal27 Oktober 2023 unit KB/TK mengusungkan sebuah tema “Once Upon a Time” yang memberikan ruang bagi anak untuk berekspresi melalui tokoh favorit dalam cerita dongeng. Selain itu, rangkaian kegiatan ini juga dimeriahkan dengan beberapa perlombaan yang bertujuan untuk mengasah skill anak dalam berbahasa Inggris dan Mandarin.

Kegiatan Lomba anak TK didepan panggung ruangan VVIP sekolah
Cerdas Cermat bahasa Inggris dan Mandarin diikuti dengan sangan ceria oleh siswa TK
Menceritakan dongeng didepan kelas
Penampilan kostum dengan tema dongeng sendiri didepan panggung sekolah

Adapun kegiatan lomba yang diadakan diantaranya Singing Contest, Cerdas Cermat bahasa Inggris dan Mandarin, serta Gerak dan Lagu. Tidak hanya berkompetisi, anak-anak juga diajak untuk melakukan aktivitas menyenangkan di kelas yaitu making craft sesuai dengan tema dongeng yang dipilih oleh masing-masing kelas.

Siswa KB-TK belajar membuat topeng karakter kartun sesuai tema dongeng kelas masing-masing

Pengalaman yang tidak terlupakan bagi orang tua KB/TK Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang saat memperingati hari Bulan Bahasa. Salah satu acara yang diusung secara khusus yaitu Reading with Dad.

Sang ayah membacakan dongeng kepada anaknya

Senyum bahagia terungkap jelas di momen berharga tersebut khususnya bagi para ayah yang berkesempatan hadir.

Mendengarkan dongeng favoritnya yang dibaca oleh Ayah merupakan pengalaman yang menarik bagi anak
Sang ayah meluangkan waktunya bagi si buah hati

Tidak ada hal yang paling membahagiakan disaat sang ayah meluangkan waktunya bagi si buah hati untuk bercerita dongeng favoritnya.

Pada hari Senin dan Selasa tanggal 30 dan 31 Oktober 2023, SD Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang membuat konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya, jika pada tahun sebelumnya lebih kepada kemampuan masing-masing murid, tahun ini kemampuan tersebut ditingkatkan dalam sebuah proyek bersama dengan teman-teman sekelas dengan tema Collaboration in Motion.

Penampilan siswa kelas 5 dengan taman Harry Potter yang sangan menakjubkan

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan rasa percaya diri murid dalam berkomunikasi dengan orang lain. Untuk menyukseskan kegiatan ini, para orang tua yang tergabung dalam paguyuban kelas juga ikut terlibat.

Siswa kelas 4 mengikuti lomba cerdas cermat berbahasa Inggris

Selain menampilkan hasil dari proyek penampilan kelas bersama, dalam acara ini juga dilaksanakan lomba cerdas cermat dalam bahasa Mandarin dan perlombaan menulis serta menghias kata perenungan Master Cheng Yen.

Siswa kelas 5 mengikuti lomba cerdas cermat dalam bahasa Mandarin

Beberapa hari kemudian, tepat 02 November 2023, SMP Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang dalam upaya untuk membangkitkan semangat siswa dalam berekspresi dan berkompetisi dalam berbagai bahasa mengusungkan sebuah tema “Express Your Feelings and Thoughts Through Language” sebagai salah satu cara agar generasi muda tetap memiliki kesadaran akan pentingnya memahami lebih dari satu bahasa di era globalisasi ini dengan tetap melestarikan bahasa kesatuan kita yaitu Bahasa Indonesia.

Lomba debat Bahasa Indonesia antar kelas siswa SMP kelas 7
Keseriusan lomba debat Bahasa Indonesia sangat terlihat selama acara berlangsung

Pada kegiatan ini, diisi dengan berbagai jenis perlombaan diantaranya; debat Bahasa Indonesia, vocal grup Bahasa Mandarin, Story Telling Bahasa Mandarin, isyarat tangan dan cerdas cermat dalam Bahasa Inggris. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam bidang bahasa, seni, informasi dan komunikasi serta meningkatkan kepekaan siswa dalam menuangkan gagasan kreatif.

Penampilan lomba vocal grup siswa kelas 7
Lomba cerdas cermat juga diikuti oleh siswa dengan sangat semangat

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *